Sabtu, 13 Oktober 2018

Inspirasi "Game Of Thrones" Bapak Jokowi

Kata orang bijak "Berdamai dan ambillah manfaat kemajuan teknologi informasi dan janganlah memilih sebagai korbannya."

Insight dari Pak Jokowi saat menjadi pembicara kunci plenary session IMF World Bank 2018 di Nusa Dua Hall Bali, Jumat, 12/10/2018, dilansir detiknews.

Bapak Jokowi menyampaikan adanya keretakan hubungan antara negara-negara ekonomi maju akibat perkembangan teknologi informasi, bagaikan Game Of Thrones. Ini membuat mata dunia tertuju pada beliau.

Seperti Pak Jokowi, Ayah-Bunda, sebagai orangtua tidak boleh lengah mengikuti perkembangan teknologi informasi sekitar kita dan anak-anak.

3 Inspirasi dari Pak Jokowi adalah:

1. Kita sebagai orangtua sebaiknya mengetahui apa yang anak sering mainkan atau web yang sering dikunjungi. Sehingga kita bisa memahami kebutuhan dan kesenangannya. Dari kebutuhan dan kesenangannya ini kita bisa nasihat atau mengarahkan ia untuk jadi lebih sholih.

2. Janganlah perkembangan teknologi ini mengakibatkan kita dan anak-anak kita berjarak. Jangan sampai kita menjadi korban perkembangan teknologi informasi seperti isi pidato Pa Jokowi di atas. Pertama salah satu caranya adalah sebagai orangtua kita perlu membatasi diri dalam penggunaan HP demikian juga anak-anak. Adakan waktu keluarga berkomunikasi langsung tanpa HP. Ini yang tidak akan tergerus bahkan terkuatkan perkembangan Teknologi Informasi

3. Berani mengatakan apa yang ingin disampaikan dengan memanfaatkan trending, sehingga apa yang kita sampaikan bisa berhasil dan tidak mengakibatkan anak salah persepsi atau berbuat tidak sesuai harapan.

Demikian ayah bunda, 3 Inspirasi dari pidato  Pa Jokowi, ayo ayah bunda, ikuti perkembangan yang terjadi pada anak-anak kita dan bangunlah Bonding serta kepercayaan bersama anak -anak kita. Bonding membuat keluarga kita lebih harmonis.

Assalamualaikum wr wb

Tidak ada komentar: